Seorang programmer harus mempunyai algoritma yang baik dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi, jika tidak, maka akan kesulitan dalam membuat program, atau mungkin akan terjadi kesalahan logika di program yang dibuatnya.Pemahaman logika setiap orang berbeda-beda, jadi sering-seringlah mengasah algoritma kita dengan menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di kehidupan ini.
Kumpulan langkah/perintah/instruksi yang berhingga jumlahnya yang digunakan untuk menyelesaikan masalah/persoalan logika dan matematika dengan bantuan komputer.
Pemrograman
Proses mengimplementasika urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman.
Program
Kata, ekspresi, pernyataan yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer.
Bahasa Pemrograman
Prosedur atau tata cara penulisan program.
Contoh: Basic, Pascal, Cobol, Visual Basic, Delphi, Java, C++, dan lain sebagainya.
Tahap‐tahap Pemrograman
Penyajian Algoritma
Disajikan dengan 2 cara:
1. Tulisan
a) English Structure
b) Pseudocode
2. Gambar
Contoh: Flowchart Program
Struktur runtunan
Digunakan untuk program yang instruksinya sequential/urutan.
Struktur Percabangan
Digunakan untuk program yang menggunakan pilihan/penyeleksian kondisi.
Struktur Perulangan
Digunakan untuk program yang instruksinya akan dieksekusi berulang‐ulang.
Demikian struktur dasar algoritma dalam pembuatan program, semoga bermanfaat. :-)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar