Rabu, 20 Juni 2012

Joomla, Kelebihan dan Kekurangan


Joomla menawarkan kemudahan bagi para designer membuat Theme. Sehingga banyak designer terjun untuk membuat theme Joomla apabila dibandingkan dengan Drupal. Tapi apakah Joomla, seperti drupal yang menyingkirkan kemudahan untuk membuat theme demi mempermudah untuk customize core script lebih lanjut? Sepertinya Joomla menggabungkan keduanya. Seperti apa yang tertera dari arti Joomla sebenarnya: "Kebersamaan" dalam bahasa Swahili (Urdu).
Pengguna yang mengerti design akan lebih senang menggunakan Joomla karena kemampuan "Engine"-nya yang mempermudah kita untuk mendesign ulang/membuat ulang design dari nol sesuai dengan keinginan masing masing designer. Pendatang baru yang ingin mempunya website sedikit kompleks cenderung memilih CMS ini karena fitur fitur yang ditawarkan. 
Joomla menawarkan sistem MVC sehingga user dengan sedikit kemampuan dapat menambahkan ataupun melakukan kostumisasi tanpa merubah bentuk asli dari script itu sendiri. 
Apa itu MVC? MVC atau Model View Controller merupakan suatu teknik implementasi script yang memisahkan antara design dan business logic.
Tetapi Joomla masih jauh dari sempurna. Joomla masih tidak sefleksibel Drupal. Dengan melakukan banyak perubahan pada script Joomla yang sebenarnya kurang fleksibel, akan membuat sistem berjalan tidak dengan semestinya ataupun sistem berjalan sangat berat. Tidak seperti Drupal. Drupal dapat menjalankan beberapa website dengan satu database dan backend/admin page. Joomla mempunyai kekurangan untuk membuat banyak website dengan satu infrastruktur. 

Kelebihan Joomla:
  1. Lebih familiar untuk user ( Designer, Developer dan Administrator)
  2. Komunitas yang besar dan selalu membantu untuk membangun modul modul yang bagus.
  3. Perkembangannya sangat cepat dan selalu mengembangkan diri 3 tahun terakhir.
Kekurangan Joomla:
  1. Masih kurang familiar bagi pengguna baru.
  2. Tidak sefleksibel Drupal.
  3. Tidak bisa membangun beberapa website dengan satu database dan admin page/backend.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar