Rabu, 20 Juni 2012

Drupal, Kelebihan dan Kekurangan


Apabila teman teman gemar untuk ngoding, melakukan explorasi terhadap suatu script, ataupun gemar untuk melakukan costomize terhadap satu modul yang sudah jadi, maka drupal adalah pilihannya.
Drupal memang dibuat sedemikian rupa sehingga sangat fleksibel untuk pengembangan selanjutnya. Drupal menjelma menjadi salah satu CMS yang paling digemari karena securitynya memang paling baik dibandingkan dengan CMS yang lain. Komunitas drupal sangat banyak, apabila ingin mengetahui suatu jawaban dari pertanyaan yang kita tanyakan, cukup gabung di Channel IRC drupal. Banyak sekali support support yang diberikan oleh sesama developer dan dokumentasinya pun sangat lengkap dari cara membuat module, upgrade, migrasi dll.
Tentunya karena Drupal dibuat untuk memenuhi "Fleksibilitas" yang tinggi, sehingga mengorbankan sisi design. Sehingga theme Drupal kebanyakan adalah developer yang mengerti programming yang membuatnya dan sangat sedikit dibandingkan dengan Joomla maupun Wordpress.

Kelebihan
  1. Sangat cocok untuk developer. Jika teman teman senang coding, inilah yang paling cocok.
  2. Komunitas yang besar dan sangat membantu
  3. Dapat untuk membuat website dari yang sederhana hingga ke website yang sangat kompleks
Kekurangan
  1. Bukan CMS yang baik untuk dijadikan bahan pembelajaran membuat template pada CMS. Karena tidak "Designer Friendly".
  2. Untuk melakukan setup pada server, memerlukan lebih banyak waktu dan pengetahuan dibandingkan dengan wordpress ataupun joomla. Oleh karena itu, uang yang dikeluarkan juga pastinya lebih banyak .

1 komentar:

  1. drupal 6 kenapa g suport y sama HTML 5
    apa ada yang salah dalam pengerjaan nya

    tolong di bantu .
    terima kasih ......

    BalasHapus