Rabu, 13 Juni 2012

Pemrograman Menggunakan Event KeyReleased


Langsung saja disini saya akan membuat program sederhana, sangat sederhana. Intinya kita Cuma akan memakai event KeyReleased. Program sederhana yang saya buat adalah program penghitungan Harga di aplikasi laundry, jadi ini intinya program kalkulator tapi kita tidak perlu menekan tombol samadengan (=) atau tombol lainnya. Kita cukup memasukkan berat cuciaanya nanti langsung keluar total harganya.
Pertama kita buat dulu tampilannya di Netbeans. Kira-kira seperti gambar dibawah ini.

 

 
Di TextField untuk inputan berat cucian saya kasih nama variablenya txtBerat, dan untuk Total harga saya menggunakan jLabel dengan nama variablenya totalHarga, untuk nilai awal saya set nilainya adalah nol (0). Jadi sebelum kita mengisikan berat cuciannya maka total harganya masih 0.
Selanjutnya pada txtBerat, kita kasih event KeyReleased dengan cara klik kanan, Events, Key, keyReleased seperti gambar dibawah ini.
 
Kalau sudah selesai sekarang menuju ke kode programnya. Ketikkan kode program seperti gambar dibawah ini. Disini saya mematok harga perkilonya adalah 2000 rupiah.
 
Kalau sudah selesai mengetik kode programnya sekarang coba kita run.
Hasilnya seperti gmabar dibawah ini.
 
Semoga program yang sangat sederhana ini bermanfaat untuk semuanya :-)



1 komentar: