Kamis, 14 Juni 2012

Belajar Pemrograman Menggunakan Radio Button.


Disini saya akan memberikan contoh program yang sangat sederhana yang intinya supaya kita tau cara menggunakan radio button, tulisan ini Cuma sekedar sharing aja. Jadi inti dari program yang akan saya buat adalah program pemilihan jenis kelamin menggunakan radio button. Untuk jenis kelamin yang dipilih maka akan tampil di TextField yan gada dibawahnya.
Langkah-langkah membuatnya adalah sebagai berikut.
Pertama buatlah tampilan di Netbeans seperti gambar dibawah ini.
 

Keterangan: untuk Radio Button Laki-laki saya kasih nama variablenya rdLaki dan untuk radio button Perempuan saya kasih nama rdPerempuan, untuk TextField yang akan menampilkan hasilnya saya kasih nama variablenya txtOutput.
Pertama-tama kita harus menambahkan juga buttonGroup, tujuannya supaya kita tidak dapat memilih kedua jawaban, kita hanya dapat memilih salah satu. Didalam membuat program seperti soal-soal yang nantinya kita disuruh memilih jawaban, kita juga dapat menggunakan radio button ini.
Cara menambahkan rdLaki dan rdPerempuan kedalam buttonGroup adalah sebagai berikut, klik kanan pada rdLaki kemudian pilih Properties. Lakukan pilihan seperti gambar dibawah ini. Lakukan juga pada rdPerempuan.
 
Untuk member aksi pada radio Button langsung saja double klik pada rdLaki dan rdPerempuan.
Kalau sudah selesai sekarang kita menuju ke source kode program.Ketikkan kode program seperti gambar dibawah ini.
 
Sekarang kita coba jalankan programnya. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.
 
Mohon share ke teman-teman Anda jika dirasa tulisan ini bermanfaat. untuk selanjutnya program dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. 


2 komentar:

  1. kalau cara menyimpan data menggunakan radio button gmn ya caranya?

    BalasHapus
  2. maksudnya menyimpan ke database

    BalasHapus