Rabu, 20 Juni 2012

Wordpress, Kelebihan dan Kekurangan


Wordpress adalah sebuah CMS yang mempunyai kemampuan untuk membuat website dengan sangat instan. Konfigurasi cms ini bisa dilakukan tidak sampai 10 menit. Download sourcenya, upload ke server/root document, buat database dan selesai.
Wordpress sering digunakan untuk membuat sebuah blog pribadi, tak hanya sebatas itu wordpress juga bisa di gunakan untuk membuat berbagai jenis website dengan design dan fitur yang menarik. Berbagai jenis design theme yang menarik dan unik serta komunitas yang aktif dan besar membuat Wordpress menjadi salah satu CMS yang paling banyak digunakan. Mungkin paling banyak menurut saya digunakan sekarang ini.
Wordpress sangat mudah digunakan dan di setup. Kelihatannya memang Wordpress diciptakan untuk menghandle semua aktifitas/keperluan blog seperti pinging, multiple profil blog, trackback, dan masih banyak lagi. Tetapi, banyak para developer ataupun programmer ataupun user yang mengeluh, karena default Plugin wordpress susah untuk di costumize. Bahkan sangat sangat sekali susah apabila mengambil resiko malah sering menyebabkan plugin sama sekali tidak bisa digunakan.
Tetapi Wordpress bukanlah untuk semua jenis website. Terutama website yang membutuhkan fitur yang kompleks sehingga butuh untuk membuat plugin ataupun plugin custom yang sangat sangat sudah untuk dibuat. Apabila kita mencoba untuk mengubahnya, crash serting sekali terjadi setelahnya. Kenapa? Mungkin karena Wordpress memang menyediakan fasilitas hanya seputar blog. Banyak para user komplain karena Wordpress sangat susah untuk dikembangkan lebih lanjut. Bahkan upgrade pun sangat susah di lakukan.

Kelebihan
  1. Sangat mudah untuk digunakan
  2. Tidak memerlukan modifikasi
  3. Sangat baik untuk blog
  4. Sangat user frienly
Kekurangan
  1. Bukan untuk developer
  2. Banyak komunitasnya melakukan komplain, sehingga komunitasnya kurang membangun
  3. Upgrade sering menimbulkan masalah baru. Akan lebih baik tidak melakukan upgrade

Tidak ada komentar:

Posting Komentar