Jumat, 01 Juni 2012

Keamanan File: Memberi Password pada File .rar


Saya tahu kayak begini juga belum lama. Pertama saya tahu caranya saat teman saya maen ke kost saya untuk mengerjakan final project mata kuliah Proyek Pemrograman Web. Dia dapat proyek disuruh editing foto temannya. Katanya kalau foto hasil editingnya sudah sampai ke tempat temannya yang nyuruh itu, dia mau dikasih hadiah. Nhah, biar teman saya ini gak di tipu sama temannya itu, file foto hasil editing dijadikan satu folder terus dibuat file .rar. selain menghasilkan ukuran file yang lebih kecil(dikompresi), file juga lebih aman. Dia kasih password pada file .rar tersebut. Jadi selama hadiah itu belum sampai pada teman saya, maka teman saya belum akan memberi passwordnya pada teman yang nyuruh edit foto tersebut. Jadi walaupun file foto sudah sampai, selama belum dikasih passwordnya sama saja dia belum bisa buka isi file’nya..
Tanpa panjang lebar, langsung saja:
Pertama klik kanan pada folder yang akan dijadikan .rar dan dikasih password. Pilih add to archives.. selanjutnya akan muncul jendela archives name and parameter. Disini kita pilih tab Advances. 

 
Disitu terdapat pilihan Set password, klik lalu masukkan password file tersebut. Ini password yang akan digunakan untuk membuka/meng-extract file .rar nantinya.
 
Selanjutnya pilih Ok.
Apabila nantinya file ini mau di extract, maka tampilannya seperti dibawah ini. Kita harus memasukkan password untuk membukanya. 
 
Semoga bermanfaat kawan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar