Sabtu, 28 April 2012

Mengamankan Web dari Hacker




  • Kerentanan komputer dari virus, spyware dan malware.
Pastikan bahwa komputer yang Anda gunakan untuk login ke situs admin panel tidak ada virus, spyware dan malware. Hal ini rentan terjadi jika Anda menggunakan komputer di warnet atau komputer publik di kantor dan perpustakaan kampus. Karena banyak orang yang menggunakan steker komputer dari flash / external hard drive sehingga rentan terhadap virus.
  • Jangan menggunakan tema dan plugin yang datang dari luar direktori wordpress.
Saat ini, banyak pengembang plugin dan tema wordpress jelajah di dunia maya, yang bebas untuk membuat dan atau mendistribusikannya untuk tema gratis dan plugin mereka. Jika tema dan plugin yang tidak terdaftar dalam direktori wordpress, saya saran adalah memeriksa dengan cermat sebelum tema dan plugin yang digunakan, karena banyak dari mereka untuk menginstal injeksi skrip di dalamnya bahwa jika Anda menggunakan tema atau plugin, script akan menyuntikkan server Anda dan ditanam file di server yang dapat diakses untuk berbagai keperluan mereka (seperti lalu lintas, mencari password retak, dll).


  • Sering update WordPress CMS.
Secara berkala, pengembang selalu melakukan update wordpress Wordpress CMS, sehingga sangat baik untuk melakukan perubahan pada mesin wordpress anda yang update datang juga. Cara memperbarui mesin wordpress dapat ditemukan di sini
  • Pastikan Anda menggunakan jasa layanan hosting yang handal dan terpercaya.
Banyak dari kita sebagai blogger meskipun pengembang website yang menggunakan jasa domain dan layanan hosting yang "mencari murah", tetapi tidak memperhatikan update dari admin hosting dalam hal pemutakhiran data, sekuritas, dll. Ada juga seorang blogger / website pengembang lebih percaya diri dalam menggunakan VPS (Virtual Private Server) atau bahkan menggunakan server Anda sendiri, karena untuk memudahkan perawatan padanya. Jadi terserah Anda ingin menggunakan shared hosting (dapat diandalkan) atau VPS, dll ... Jika saya pribadi sampai saat ini masih menggunakan HawkHost layanan ke server
  • Cpanel dan website password harus aman.
Bila Anda membuat password untuk masuk ke cpanel panel dashboard dan website, saya sarankan bahwa password sekompleks mungkin (terdiri dari huruf dan angka) memastikan tidak diketahui oleh orang lain. Hal ini sangat membantu juga sehingga orang lain tidak bisa masuk ke cpanel dan admin panel website Anda.
  • Mengatur file / folder permission di server
Banyak dari kita tidak menyadari bahwa hak akses file / folder di server juga harus diperhatikan. Apalagi jika folder yang digunakan untuk menempatkan file upload gambar dll.
  • Dan yang paling penting, database backup dan file pada website Anda secara berkala.
Langkah yang paling kuat, dan sangat-sangat direkomendasikan adalah rajin dan file backup database dari situs Anda. Kami tidak tahu apa-apa kurang kuat-server keamanan dan kemanjuran website kami, ada celah bagi aja-hacker untuk masuk ke website / blog. Jadi menemukan cara yang aman untuk database backup dan file website secara berkala. Ada kalanya pihak hosting juga melakukan backup berkala data tetapi ada juga hosting yang tidak menawarkan layanan ini.
Terlepas dari tips saya di atas, coba mencari referensi lain yang bisa melindungi situs Anda dari hacker. Ada juga plugin yang pengembang sekarang membuat plugin untuk penjaga keamanan wordpress, dapat dilihat sekilas sini atau juga dapat memantau bagaimana mengamankan wordpress codex wordpress di mesin wordpress.
Nah, saya berharap tips di atas berguna. Salam Damai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar