Rabu, 23 Mei 2012

Membuat Tampilan GUI Menggunakan Layout Manager.


Dulu sebelum mengerti layout manager, di frame’a saya pakai Layout yang Absolute Layout yang kalau Form’a di maxsimize, maka tampilan akan rusak gak sesuai dengan yang diharapkan dan tidak sesuai dengan aplikasi pada umumnya. Setelah dikasih tahu sama bapak dosen, Layout yang sering digunakan dalam dunia pemrograman yaitu Border Layout, Grid Bag Layout, dan Flow Layout.
Kali ini saya akan memberikan sedikit contoh penggunaan dari Layout diatas.
Langkah pertama, buatlah Panel menjadi Border Layout dengan cara klik kanan pada panel, plih Set Layout, lalu pilih Border Layout. Border Layout membagi sebuah Frame menjadi 5 bagian. Tapi untuk membuat Form Login kita hanya akan menggunakan yang 3 bagian saja yaitu North, Center, dan South.
 

 
Dibagian North dan Center, kita ubah lagi Layoutnya menjadi Grid Bag Layout, caranya klik kanan pada panel, pilih Set Layout kemudian pilih yang Grid Bag Layout.
Isi pada Panel North dengan 1 Buah jLabel, ubah Text menjadi Form Login.
Kemudian tambahkan juga pada Panel Center dengan 2 buah JLabel, 1buah jTextField, dan 1 buah PasswordField.kemudian pada Grid Bag Layout, klik kanan pilih Cuztomize. 
 
 
Tambahkan pada panel South, set layout menjadi FlowLayout lalu tambahkan 2 buah Button, ubah Text menjadi Login dan Batal. Setelah Button ditambahkan, padap Flow Layout yang ada di jendela Navigator, klik kana pilih Properties.
 
 Ubah bagian Aligment menjadi Right.
 
Selesailah kita membuat Form Login dengan kombinasi 3 Layout.
Tampilan setelah di run programnya seperti gambar di bawah ini.
 
Semoga bermanfaat kawan :-)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar